Sabtu, 27 Agustus 2011

HELM LIPAT - inovasi baru agar helm mudah di bawa-bawa

 


Helm di cantolin di motor?? ketinggalan jaman deh! Kini sambutlah era baru helm yang dapat dilipat dan dimasukkan kedalam tas punggung Anda! praktis kan hehehe baca deh artikelnya..

Adalah Jezzica Dunn, wanita 25 tahun asal Australia ini berhasil menciptakan folding helmet alias helm lipat pertama di dunia. Uniknya, Dunn menemukan ide ini berdasarkan pengalamanya ketika berada di Indonesia. Dunn sempat berada di Indonesia dan kemana-mana ia kerap menggunakan sepeda motor.


Sayang pengalaman buruk menimpa dirinya ketika berkendara dengan roda dua. "Ketika saya mengendarai sepeda motor saat berkunjung ke Indonesia untuk pertukaran pelajar, saya harus selalu membawa helm saya kemana pun pergi karena helm saya pernah dicuri," ucap Dunn seperti dilansir dari Autoblog, Senin (30/5/2011).

Karena harus menenteng helm yang ia gunakan ke berbagai tempat, Dunn akhirnya memunculkan ide agar bagaimana menciptakan helm yang bisa ditaruh di tas punggung.

Kala kembali ke negara asalnya, Dunn berhasil menciptakan Proteus, helm lipat pertama di dunia yang juga masuk dalam finalis James Dyson Award. Lapisan luar helm ini menggunakan campuran polycarbonate dan polystyrene foam. Sementara bagian paling dalam dibuat dari bahan yang lentur ketika penggunaan normal, tapi langsung mengeras saat terjadi benturan.

Helm dengan tipe half face ini bisa dilipat dengan cara menekuk bagian samping dan belakang yang dilengkapi dengan alat berupa engsel. Setelah dilipat, helm dapat masuk ke dalam tas ransel. Urusan kualitas juga jangan diragukan. Karena Dunn tercatat telah mengantongi standar keamanan helm di Australia


semoga helm seperti ini bisa cepat dijual di indonesia ya.. bahkan kalo bisa, ada produsen lokal yg menciptakan helm lipat yg lebih hebat dari buatan Jezzica Dunn... 



(dari berbagai sumber)