Rabu, 25 Januari 2012

Tips Aman Berkendara Saat Hujan

 

 Di musim hujan dengan curah hujan sangat tinggi, lebih lagi jika hampir setiap hari turun hujan anda perlu berhati-hati saat berkendara. untuk itu penting untuk menyimak bagaimana berkendara yang aman dan nyaman saat hujan. berikut tips-nya :
 
 
 
  •  Jaga jarak dengan kendaraan didepan. saat jalan basah diguyur hujan maka jarak pengereman bertambah jauh dibandingkan saat jalan kering. selain itu juga untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginka, misalnya kendaraan didepan kita terperosok jalan berlubang karena genangan air. jika jarak anda cukup maka akan ada cukup waktu untuk menghindar.  Selalu perhatikan kendaraan didepan anda karena itu bida digunakan sebagai pertanda jika terjadi apa-apa.
 
  • Nyalakan wiper sesuai dengan besar hujan. untuk menjaga kaca depan tetap bersih dan tambahlah sedikit cairan pembersih kaca pada tabung wiper.
 
  • Nyalakan lampu kecil jika tidak terlalu deras, dan nyalakan lampu utama jika hujan deras. menyalakan lampu penting untuk menambah jarak pandang dan membantu penglihatan kendaraan lainnya. perlu diingat, jangan menyalakan lampu Hazard saat hujan deras karena akan membingungkan pengendara lain dibelakang anda. 
 
  • Hindari jalan yang tergenang air dan pilih jalur sebelah kanan, yang biasanya lebih tinggi dari kiri jalan. jika terpaksa melewati genangan air usahakan kurangi kecepatan sehingga tidak mengganggu pengguna jalan yg lain karena terkenena cipratan air.
 
Dimusim hujan ini mudah-mudahan tips diatas bermanfaat!! salam biker's!!