Rabu, 09 November 2011

Mengintip "rahasia" dibalik performa motor balap MotoGP!

Bagi para penggila MotoGP mungkin banyak yang bertanya-tanya faktor pendukung apa dibalik performa motor yang dipakai oleh Valentino Rossi dan kawan-kawan di lintasan balap. Motor dengan fitur yang mumpuni tunggangan para rider ini bahkan dapat melaju sampai 347 km/jam!

Dengan kecepatan seperti itu  tentu motor di motogp memerlukan teknologi yang handal baik untuk kemanan pembalap maupun kemampuan motor itu sendiri. Mulai dari mesin sebagai penghasil tenaga, rangka, dan ban sebagai penyalur tenaga yang mebuat
motor bisa melaju dengan kecepatan tinggi, dan juga helm serta baju pengaman yang dikenakan pembalap sangat menarik untuk di ketahui.

Teknologi MotoGP

Sepeda motor untuk motogp di buat khusus dan memenuhi standar yang dibuat oleh penyelengara motogp. Satu lagi motor dengan kapasitas 800 cc dengan putaran mesin antara 17500 - 18000 ini tidak untuk dijual di pasaran dan tidak boleh di tunggangi dijalanan.

Sepeda motor motogp di buat dari material yang bermutu tinggi dan harga yang selangit seperti, titanium, serat karbon yang di perkuat.

Selain itu motor motogp di persenjatai dengan perangkat elektronik yang canggih termasuk telemetri, engine management systems, kontrol traksi, rem cakram karbon, dan teknologi mesin modern yang diadopsi dari teknologi mesin mobil F1.



Mesin motogp
 

 
Mesin Motogp yang digunakan adalah tipe empat langkah (4 tak), bisa terdiri dari dua selinder sampai enam selinder dan mempunyai berat minimal untuk masing-masing jumlah silinder.

  1. 2 selinder kebawah berat minimal 133 kg
  2. 3 selinder 140.5 kg
  3. 4 selinder148 kg
  4. 5 selinder 155.5 kg
  5. 6 selinder atau lebih berat minimal 163 kg
 
Rem motogp